Pengaruh Komunikasi Nonverbal Pada Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Dan Kecemasan Pasien Di Igd Rsud Prembun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi nonverbal perawat terhadap tingkat kepuasan dan kecemasan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Prembun. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen True Eksperimental dengan bentuk posttest-only control group design. Sebanyak 70 responden dipilih secara acak, yang terdiri dari 35 pasien pada kelompok perlakuan (yang menerima intervensi komunikasi nonverbal) dan 35 pasien pada kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur kepuasan dan kecemasan pasien, yang kemudian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi komunikasi nonverbal perawat dapat meningkatkan tingkat kepuasan pasien dan secara signifikan menurunkan kecemasan pasien. Uji Mann-Whitney menunjukkan nilai p < 0.05 untuk kedua variabel tersebut, yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara kelompok intervensi dan kontrol. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan komunikasi nonverbal bagi perawat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di IGD, khususnya dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pasien yang mengalami kecemasan.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi nonverbal perawat terhadap tingkat kepuasan dan kecemasan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Prembun. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen True Eksperimental dengan bentuk posttest-only control group design. Sebanyak 70 responden dipilih secara acak, yang terdiri dari 35 pasien pada kelompok perlakuan (yang menerima intervensi komunikasi nonverbal) dan 35 pasien pada kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur kepuasan dan kecemasan pasien, yang kemudian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi komunikasi nonverbal perawat dapat meningkatkan tingkat kepuasan pasien dan secara signifikan menurunkan kecemasan pasien. Uji Mann-Whitney U Test menunjukkan nilai p < 0.05 untuk kedua variabel tersebut, yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara kelompok intervensi dan kontrol. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan komunikasi nonverbal bagi perawat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di IGD, khususnya dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pasien yang mengalami kecemasan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelia, I., & Wijayanti, Q. N. (2024). Analisis Gejala Mahasiswa Kaum Introvert Di Universitas Trunojoyo Madura Terhadap Komunikasi Verbal. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(1), 208.
Agustiana, I., Aprianti, R., Astrid, G., Islam Negeri Raden Fatah Palembang, U., & Selatan, S. (2022). Etika Komunikasi Penggunaan Media Sosial “Instagram” Oleh Generasi Z. Jurnal Komunikasi UIN Jakarta, 1(2), 112–122. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom
American Thoracic Society. (2021). Hamilton Rating Scale for Anxiety (HAM-A) (HARS). https://www.thoracic.org/members/assemblies/assemblies/srn/questionaires/
Anwar, K. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Pku Muhammadiah Bantul Yogyakarta. Jurnal Ilmu Keperawatan.
Aprilici, T. I., Wijaksono, M. A., Basit, M., & Irawan, A. (2024). Pelaksanaan discharge planning dengan komunikasi local language berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Health Sciences and Pharmacy Journal, 8(2), 97–105. https://doi.org/10.32504/hspj.v8i2.1157
Arifiati, R. F., & Wahyuni, E. S. (2020). Peningkatan Sense of Humor untuk Menurunkan Kecemasan pada Lansia. Journal of Islamic Psychology, (Vol. 1).
Aswaruddin, A., Halawa, S., Hasibuan, M. K. P., Dahyanti, N., & Maulida, K. A. W. (2025). Keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 5(1). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i1.1108
Aulia, V. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 158-168.
Baros, W. A. (2021). Kontribusi Pengetahuan Peserta Askes Sosial Terhadap Kepuasan Layanan Rawat Jalan Tingkat Lanjut dan Rawat Inap PT Askes Tahun 2021. Universitas Indonesia.
Br Perangin-Angin, N. R. B. (2024). Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Pasien di Puskesmas Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Riau. Doctoral Dissertation, Universitas Medan Area. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24207
Cangara, H. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers.
Cangara, H. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Chriswardani. (2023). Penyusunan indikator kepuasan pasien rawat inap rumah sakit di provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 4(9), 177–184.
Deddy. (2022). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.
Depkes RI. (2011). DAFTAR PUSTAKA Depkes, RI. 1985. 2002, 2011.
Devito, J. A. (2021). Komunikasi Antar Manusia. Karisma Publishing Group.
Effendi, O. U. (2020). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT Citra Aditya Bakti.
Enjelina, A. F., Sumarno, A., & Seniwati. (2023). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang instalasi gawat darurat RS Kramat 128 Jakarta. Jurnal Afiat, 10(1). https://doi.org/10.34005/afiat.v10i01.3817
Eriza, R., & Selaras, G. H. (2023). Literature Review: Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 285–292. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.6259
Fandy, T. (2023). Manajemen Jasa (Andi Offset (ed.); Vol. 151).
Farianita, R. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Tk. Iii Bhakti Wira Tamtama Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/22956/
Gantiano, H. E. (2022). Analisis Dampak Strategi Komunikasi Non Verbal. Dharma Duta, 17(2), 80–95. https://doi.org/10.33363/dd.v17i2.392
Gunawan, G., Hidayah, N., & Yulisetyaningrum, Y. (2021). Level of patients with family in the installation intensive care Kudus District General Hospital. Kudus: RSUD Kudus.
DOI: http://dx.doi.org/10.52118/edumasda.v9i2.287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wahidin W, Windra Bangun Sucipto, Meila Sarasti, Bayu Seto Rindi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 081384462729
Edu Masda Journal by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda/index.