Pengaruh Komunikasi Nonverbal Pada Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Dan Kecemasan Pasien Di Igd Rsud Prembun

Wahidin W, Windra Bangun Sucipto, Meila Sarasti, Bayu Seto Rindi

Abstract


                                      ABSTRACT 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi nonverbal perawat terhadap tingkat kepuasan dan kecemasan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Prembun. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen True Eksperimental dengan bentuk posttest-only control group design. Sebanyak 70 responden dipilih secara acak, yang terdiri dari 35 pasien pada kelompok perlakuan (yang menerima intervensi komunikasi nonverbal) dan 35 pasien pada kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur kepuasan dan kecemasan pasien, yang kemudian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi komunikasi nonverbal perawat dapat meningkatkan tingkat kepuasan pasien dan secara signifikan menurunkan kecemasan pasien. Uji Mann-Whitney menunjukkan nilai p < 0.05 untuk kedua variabel tersebut, yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara kelompok intervensi dan kontrol. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan komunikasi nonverbal bagi perawat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di IGD, khususnya dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pasien yang mengalami kecemasan.

 

                                                        ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi nonverbal perawat terhadap tingkat kepuasan dan kecemasan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Prembun. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen True Eksperimental dengan bentuk posttest-only control group design. Sebanyak 70 responden dipilih secara acak, yang terdiri dari 35 pasien pada kelompok perlakuan (yang menerima intervensi komunikasi nonverbal) dan 35 pasien pada kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur kepuasan dan kecemasan pasien, yang kemudian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi komunikasi nonverbal perawat dapat meningkatkan tingkat kepuasan pasien dan secara signifikan menurunkan kecemasan pasien. Uji Mann-Whitney U Test menunjukkan nilai p < 0.05 untuk kedua variabel tersebut, yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara kelompok intervensi dan kontrol. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan komunikasi nonverbal bagi perawat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di IGD, khususnya dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pasien yang mengalami kecemasan


Keywords


Komunikasi Nonverbal; Kepuasan Pasien; Kecemasan Pasien, IGD, Pelatihan Perawat, True Eksperimental Design

Full Text:

PDF

References


Adelia, I., & Wijayanti, Q. N. (2024). Analisis Gejala Mahasiswa Kaum Introvert Di Universitas Trunojoyo Madura Terhadap Komunikasi Verbal. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(1), 208.

Agustiana, I., Aprianti, R., Astrid, G., Islam Negeri Raden Fatah Palembang, U., & Selatan, S. (2022). Etika Komunikasi Penggunaan Media Sosial “Instagram” Oleh Generasi Z. Jurnal Komunikasi UIN Jakarta, 1(2), 112–122. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom

American Thoracic Society. (2021). Hamilton Rating Scale for Anxiety (HAM-A) (HARS). https://www.thoracic.org/members/assemblies/assemblies/srn/questionaires/

Anwar, K. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Pku Muhammadiah Bantul Yogyakarta. Jurnal Ilmu Keperawatan.

Aprilici, T. I., Wijaksono, M. A., Basit, M., & Irawan, A. (2024). Pelaksanaan discharge planning dengan komunikasi local language berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Health Sciences and Pharmacy Journal, 8(2), 97–105. https://doi.org/10.32504/hspj.v8i2.1157

Arifiati, R. F., & Wahyuni, E. S. (2020). Peningkatan Sense of Humor untuk Menurunkan Kecemasan pada Lansia. Journal of Islamic Psychology, (Vol. 1).

Aswaruddin, A., Halawa, S., Hasibuan, M. K. P., Dahyanti, N., & Maulida, K. A. W. (2025). Keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 5(1). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i1.1108

Aulia, V. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 158-168.

Baros, W. A. (2021). Kontribusi Pengetahuan Peserta Askes Sosial Terhadap Kepuasan Layanan Rawat Jalan Tingkat Lanjut dan Rawat Inap PT Askes Tahun 2021. Universitas Indonesia.

Br Perangin-Angin, N. R. B. (2024). Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Pasien di Puskesmas Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Riau. Doctoral Dissertation, Universitas Medan Area. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24207

Cangara, H. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers.

Cangara, H. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Chriswardani. (2023). Penyusunan indikator kepuasan pasien rawat inap rumah sakit di provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 4(9), 177–184.

Deddy. (2022). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya.

Depkes RI. (2011). DAFTAR PUSTAKA Depkes, RI. 1985. 2002, 2011.

Devito, J. A. (2021). Komunikasi Antar Manusia. Karisma Publishing Group.

Effendi, O. U. (2020). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT Citra Aditya Bakti.

Enjelina, A. F., Sumarno, A., & Seniwati. (2023). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang instalasi gawat darurat RS Kramat 128 Jakarta. Jurnal Afiat, 10(1). https://doi.org/10.34005/afiat.v10i01.3817

Eriza, R., & Selaras, G. H. (2023). Literature Review: Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 285–292. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.6259

Fandy, T. (2023). Manajemen Jasa (Andi Offset (ed.); Vol. 151).

Farianita, R. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Tk. Iii Bhakti Wira Tamtama Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/22956/

Gantiano, H. E. (2022). Analisis Dampak Strategi Komunikasi Non Verbal. Dharma Duta, 17(2), 80–95. https://doi.org/10.33363/dd.v17i2.392

Gunawan, G., Hidayah, N., & Yulisetyaningrum, Y. (2021). Level of patients with family in the installation intensive care Kudus District General Hospital. Kudus: RSUD Kudus.




DOI: http://dx.doi.org/10.52118/edumasda.v9i2.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wahidin W, Windra Bangun Sucipto, Meila Sarasti, Bayu Seto Rindi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada

Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 081384462729


Creative Commons License

Edu Masda Journal
by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda/index.