ANALISIS KUALITAS KOMUNIKASI TENAGA KESEHATAN DENGAN KEPUTUSAN PENGAMBILAN JASA PELAYANAN PADA PASIEN RAWAT JALAN
Abstract
ABSTRACT
Based on data on the number of general outpatient visits at Hospital accurate and increase patient satisfaction which will influence patient visits to Hospital X City of South Tangerang. Research objective : to determine the relationship between the quality of communication between health workers and decisions about making services for outpatients at Hospital X, South Tangerang City. Method : type of analytical research with a quantitative approach and cross-sectional design. The study population was all outpatients of general polyclinics at Hospital X, South Tangerang City, with inclusion criteria of patients ≥18 years old and able to communicate well. The number of samples was 150 respondents with accidental sampling. Research results : show that the quality of communication between health workers and service decisions is obtained, namely Openness (p-value = 0.081), Empathy (p-value = 0.000), Supportiveness (p-value = 0.000), Positive Attitude (Positiveness) (p- value = 0.000), Equality (p-value = 0.000). Conclusion : There is a relationship between the quality of health worker communication between the aspects of Empathy, Supportiveness, Positive Attitude, Equality, while there is no relationship between the quality of health worker communication between the Openness aspect and the decision to make services. It is hoped that South Tangerang X City Hospital can improve the quality of communication between health workers in order to create patient trust so that patients visit again using the service.
ABSTRAK
Berdasarkan data jumlah kunjungan pasien umum rawat jalan di Rumah Sakit X Kota Tangerang Selatan memperlihatkan adanya peningkatan dan penurunan (fluktuatif) pada satu tahun terakhir tahun 2023. Survei global terbaru mengungkapkan bahwa komunikasi tenaga kesehatan dengan pasien adalah kunci pada perawatan dan diagnosis yang akurat serta meningkatkan kepuasan pasien yang akan mempengaruhi kunjungan pasien ke Rumah Sakit X Kota Tangerang Selatan. Tujuan penelitian : untuk mengetahui determinan kualitas komunikasi tenaga kesehatan dengan keputusan pengambilan jasa pelayanan pada pasien rawat jalan di Rumah Sakit X Kota Tangerang Selatan. Metode : jenis penelitian analitik dengan pendekatan kuantitatif dan desain cross secional. Populasi penelitian seluruh pasien rawat jalan poli umum di rumah sakit X Kota Tangerang Selatan, dengan kriteria inklusi pasien ≥18 tahun dan dapat berkomunikasi dengan baik. Jumlah sampel berjumlah 150 responden dengan teknik berupa accidental sampling. Hasil penelitian : menunjukkan diperoleh kualitas komunikasi tenaga kesehatan dengan keputusan pengambilan jasa yaitu Keterbukaan (Openness) (p- value = 0,081), Empati (Empathy) (p-value =0,000), Dukungan (Supportiveness) (p-value =0,000), Sikap Positif (Positiveness) (p-value =0,000), Kesetaraan (Equality) (p-value=0,000). Kesimpulan : Terdapat Hubungan kualitas komunikasi tenaga kesehatan antara aspek Empati (Empathy), Dukungan (Supportiveness), Sikap Positif (Positiveness), Kesetaran (Equality), sedangkan tidak terdapat hubungan kualitas komunikasi tenaga kesehatan antara aspek Keterbukaan (Openness) dengan keputusan pengambilan jasa pelayanan diharapkan Rumah Sakit X Kota Tangerang Selatan dapat meningkatkan kualitas komunikasi tenaga kesehatan agar dapat menciptakan kepercayaan pasien sehingga pasien berkunjung kembali menggunakan jasa pelayanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, H., Wahidin., Hamlim. 2019. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Wotu Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Administrasi Negara.
Astrina, T. D., Rahmatullah, St., Zuhana, N., & Ningrum, W. A. 2021. Hubungan Bauran Pemasaran RSU Aro Pekalongan Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien Umum Rawat Jalan Tahun 2020. Medical Sains : Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.37874/ms.v6i1.206.
Dermawanti., Rochadi, K., Tukiman. 2014. Hubungan Komunikasi Interpersonal Petugas Kesehatan Terhadap Kepatuhan Pasien Menjalani Pengobatan TB Paru di Puskesmas Sunggal Medan Tahun 2014. Medan: USU.
Lahaji, L. C., Wowor, R. E., & Korompis, G. E. C. 2020. Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas. Indonesian Journal of Publlic Health and Community Medicine, 1(2).
Muhammad Ulil, A. 2023. Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Harapan Bunda.
Putri, A. W. 2017. Hubungan Motivasi dan Pengembangan Karir Perawat dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi Tahun 2017. Padang: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis Padang.
Reza, L. Y. 2023. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Rawat Inap Di Rsud H. Abdul Manap Kota Jambi Tahun 2023. Universitas Unja.
Ruditya, A. N., & Chalidyanto, D. 2015. Hubungan Karakteristik Individu terhadap Penilaian Kualitas Produk Apotek Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.20473/jaki.v3i2.2015.108-117
Suparyo, S. W., Gono, J. N., Herieningsih, S. W., & Pradekso, T. 2015. Hubungan Antara Kualitas Komunikasi Dokter-Pasien dan Tingkat Pendidikan Pasien dengan Loyalitas Pasien. Interaksi Online, 3(4).
Tamara, P. V. 2017. Gambaran Persepsi Pasien BPJS dan Non BPJS Tentang Komunikasi Interpersonal Petugas Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Cinangka Serang Banten. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang tenaga. Kesehatan
Wildani, H., Badiran, M., & Hadi, A. J. 2020. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di RSU Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 1(2), 7-21. https://doi.org/10.36090/jkkm.vli2.581
DOI: http://dx.doi.org/10.52118/edumasda.v9i1.282
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Riska Edwi Meilia, Fenita Purnama Sari Indah, Holidah Holidah, Talitha El Zafira Hadi, Arni Widyasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 081384462729
Edu Masda Journal by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda/index.