HUBUNGAN PELAYANAN INFORMASI OBAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
ABSTRACT
Patients visiting the Ciputat Health Center are increasing. However, patients do not fully get maximum drug information services. Drug information services at the health center will continue to be improved in order to increase patient satisfaction. The purpose of this study was to determine the relationship between drug information services and patient satisfaction. The research method used is descriptive research method with quantitative approach and using cross sectional design. Data collection was done by distributing questionnaires with a Likert Scale. Sampling was carried out using purposive sampling method with the inclusion criteria of patients aged 12 years and over and patients who visited the Ciputat Health Center more than once. The total sample in this study was 362 respondents. Data analysis using a spearman rank correlation. The results of the analysis show that the P-Value is 0.000 <0.05, which means that there is a correlation between drug information services and patient satisfaction and has a moderate positive correlation with a correlation coefficient of 0.506. The conclusion correlation between drug information with patient satisfaction has moderate positive correlation.
ABSTRAK
Pasien yang berkunjung ke Puskesmas Ciputat semakin meningkat. Namun, pasien tidak sepenuhnya mendapatkan layanan informasi obat yang maksimal. Pelayanan informasi obat di puskesmas akan terus ditingkatkan agar dapat meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelayanan informasi obat dengan kepuasan pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengumpulan data dilakukan menyebarkan angket dengan skala Likert. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria inklusi pasien yang berusia 12 tahun ke atas dan pasien yang berobat ke Puskesmas Ciputat lebih dari satu kali. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 362 responden. Analisis data menggunakan korelasi rank spearman. Hasil analisis menunjukkan bahwa P-Value 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara pelayanan informasi obat dengan kepuasan pasien dan memiliki hubungan positif yang sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0,506. Kesimpulan pelayanan informasi obat memiliki hubungan dengan tingkat kepuasan pasien dengan tingkat hubungan positif sedang .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arini, Heny Dwi, I Wayan Agus, dan Gredeg Kusumayadi. 2023. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas II Denpasar Selatan. Jurnal Media Informatika. 5 (1): 30–41.
Arief, I., Aulia, G., & Putra, R. S., 2023. Pola Penggunaan Antibiotik Di Suatu Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Di Jakarta, Indonesia: Studi Retrospektif. Pharmaceutical Science Journal,3(2), 113-119
Arief, I., L.M. Zulfahrin UZ, & Sidabutar, S., 2024. The Relationship between Pharmaceutical Services and BPJS Patient Satisfaction at the Wijaya Kusuma Clinic, Tangerang. Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro, 14(02), 285-296.
Effendi, K., 2020. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal. 3(2): 82–90.
Ekadipta, Sadikin, M., Muhammad, R.Y., 2019. Kualitas Pemberian Informasi Obat pada Pelayanan Resep Berdasarkan Kepuasan Pasien BPJS Puskesmas Kecamatan Cilandak. Jurnal Farmasi Indonesia. 16(2): 244–253.
Hasanah, Nur, et.al. 2024. Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Katrina. Edu Masda Journal. 8 (01): 50-53
.
Khoirin, Islami, A., Purbayant, A., Pauziah, A., 2024. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Tenaga Kefarmasian Apotek K-Nia Pharma. Jurnal ‘Aisyiyah Medika. 9(1): 200– 207.
Latu, S., 2023. Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Informasi Obat (PIO) Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016. Jurnal Omicron ADPERTISI, 2(1), pp.53-59.
Novitasari, I., 2016. Studi Deskriptif Gaya Komunikasi. [Skripsi]. Purworkerto: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah.
Rahayu, S.A., 2017. Kepuasan pasien rawat jalan poli jantung terhadap pemberian informasi obat di instalasi farmasi rawat jalan rumah sakit Militer Cimahi. Farmaka, 15(3), pp.32-38.
Sabina, D., Fannya, P., Indawati, L., Sonia, D., 2023. Tinjauan Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Layanan di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Multidisciplinary Scientific Journal. 1(9). 565–576.
Saputri, T.I. 2016. Hubungan Penampilan Perawat dengan Kepuasan Pasien di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah.
DOI: http://dx.doi.org/10.52118/edumasda.v9i1.279
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ilham Arief, Irwan Hartono, Zulfa Hurriyatudz Dzakiyyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 081384462729
Edu Masda Journal by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda/index.