HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS DI KLINIK X KABUPATEN TANGERANG
Abstract
ABSTRACT
Health is a basic human need, one of the health facilities is a clinic, clinics have been developed in every region to allow people to choose the medical care they need and want. To increase the number of customers, it is important to consider variables that can influence customer arrivals so that customer loyalty is created. Service quality and location are variables that can be used to assess customer loyalty. The purpose of this study was to determine the relationship between service quality and location on customer loyalty at Clinic X Rajeg, Tangerang Regency. The research method in this study is quantitative research with a cross-sectional research design. The type of sample used in this study is purposive sampling. This research was conducted in March - April 2024 at Clinic X Rajeg Tangerang Regency, using a questionnaire as a research instrument. The number of respondents in this study was 350 respondents. The results of the study showed that there was a relationship between service quality and customer loyalty (p-value 0.019), and there was a relationship between location and customer loyalty (p-value 0.005). The study concludes that there is a relationship between service quality and customer loyalty and there is a relationship between location and customer loyalty. Researchers hope clinics can further improve the quality of service so that patients are more satisfied with the services provided, thereby increasing customer loyalty.
ABSTRAK
Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia, salah satu fasilitas kesehatan yakni klinik, klinik telah dikembangkan di setiap daerah untuk memungkinkan masyarakat memilih perawatan medis yang dibutuhkan dan inginkan. Untuk meningkatkan jumlah pelanggan, penting untuk mempertimbangkan variabel yang dapat mempengaruhi kedatangan pelanggan sehingga terciptanya loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan dan lokasi merupakan variable yang dapat nilai untuk menilai loyalitas pelanggan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan di Klinik X Rajeg Kabupaten Tangerang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret - April tahun 2024 di Klinik X Rajeg Kabupaten Tangerang dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 350 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (p-value 0.019), adanya hubungan antara lokasi terhadap loyalitas pelanggan (p-value 0.005). Kesimpulan dari penelitian terdapat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dan terdapat hubungan antara lokasi terhadap loyalitas pelanggan. Peneliti berharap klinik dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan sehingga pasien semakin puas terhadap pelayanan yang diberikan sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Afifah, E., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Klinik MMC (Muhammadiyah Medical Center). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Alif Adiyatma, D. E. S. M., 2020. Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas (Studi Kasus pada Pasien RSU. Persahabatan). Jakarta Timur : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta .
Diny Febriany Hasanah, E. S. N. H. K. M., 2023. Pengaruh Mutu Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Di Klinik Pratama Manshurin Bandung. Bandung, Prosiding Magister Manajemen ARS University.
Hesi Arista, M. P. A. N. N., 2022. Evaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Bernung Gedong Tataan Pesawaran. JFM Jurnal Farmasi Malahayati , 5(2), pp. 217-228.
Karunia, H. B. A., 2020. Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Klinik Dan Rumah Bersalin Bina Medika Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. (Skripsi). Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Kesehatan., D. J. K. d. A., 2021. Peraturan Menteri Kesehatan No. 34 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Klinik. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Kesehatan, M., 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 9 Tahun 2014 tentang Klinik, Jakarta: s.n.
Khoiri Najib, H. A. N. M. S. R. F., 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul Yogyakarta. Jurnal MANISE : Manajemen, Bisnis, dan Ekonomi, 1(1), pp. 35 - 44.
Mangindara, D. E. S. W. A. N. A. N. A. A., 2023. Section Articles Relationship Between Service Quality and Patient Loyality In The Installation of Labuang Baji Hospital Makassar. Miracle Journal of Public Health, 6(1), pp. 11-21.
Meilinda, B. F., 2023. Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Dan Tarif Terhadap Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama. Innovative: Journal of Social Science Research , 3(5), pp. 2261-2272.
Novia Nur Permata Herrin, M., 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Nindya Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8(8), pp. 1-16.
Nur Afni Delvia Agria Ningsih, L. D. B. ,. L. o. M. A., 2023. Analisis Pelayanan Farmasi Satu Pintu Di Puskesmas Labibia Kota Kendari. Jurnal Pharmacia Mandala Waluya, 2(5), pp. 276-285.
OECD. (2021). Satisfaction with Services. OECD iLibrary.
Rahmani, A. P., 2022. Pengaruh Kenyamanan dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(2), pp. 988-1001.
Ricky Pratama, N. N. Y., 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Salon Agata. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), pp. 228-235.
Setiawan, M. D., Fauziah, F., Edriani, M. & Gurning, F. P., 2022. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (A: Systematic Review). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), p. 12869–12873.
Tangerang, D. K. D. I. K., 2023. Data Statistik Sektoral Kabupaten Tangerang Tahun 2023 Edisi I. I ed. Kabupaten Tangerang: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang 2023
DOI: http://dx.doi.org/10.52118/edumasda.v9i1.266
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Andriyani Rahmah Fahriati, Mia Rohmatudzakiyyah, Agung Dewantoro, Daviet Dwi Kuncoro, Fransiskus Agus Priono, Ricky Chaerul Yazid, Sheima Sukmaria Nurina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada
Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 081384462729
Edu Masda Journal by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda/index.