STUDI KOMPARATIF EMOTIONAL DEVELOPMENT ANTARA ADDICTIVE DAN NON-ADDICTIVE GADGET ANAK USIA 10-12 TAHUN DI SDN 2 PURWASARI CICURUG SUKABUMI

Rita Dwi Pratiwi, Cut Intan Nurhaetami, Desy Darmayanti, Gita Ayuningtyas, Fenita Purnama Sari Indah, Nurwulan Adi Ismaya, Gina Aulia

Abstract


The development of the use of gadgets in Indonesia is growing rapidly, the number of gadget users ranging from adults to children. The purpose of this study was to determine the comparison of emotional development between addictive and non-addictive gadgets in children aged 10-12 years. The research method is a quantitative research and uses an analytical descriptive design with a case control approach. The sampling technique in this study used a non-probability sampling technique with the Issac Michael formula and the results obtained with a total of 106 samples. Data was collected by distributing questionnaires and observation. Data analysis using Mann Whitney Test. The results showed that the results of statistical tests of emotional development between addiction and not addiction to gadgets found p-value = 0.155 (> 0.05). This conclusion shows that there is no comparison of emotional development between addictive and non-addictive gadgets for children aged 10-12 years. Suggestions are needed to increase parental attention in every phase of child development, especially the emotional development of children aged 10-12 years and parents are able to identify the positive and negative effects of using gadgets on children's emotional development.

 

ABSTRAK

Perkembangan penggunaan gadget di Indonesia semakin berkembang pesat, banyaknya pengguna gadget mulai dari kalangan orang dewasa hingga anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan emotional development antara addictive dan non-addictive gadget pada anak usia 10-12 tahun. Metode penelitian merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan case control. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan rumus Issac Michael dan didapatkan hasil dengan jumlah 106 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari uji statistik dari perkembangan emosional antara kecanduan dan tidak kecanduan gadget mendapati hasil p-value = 0,155 (>0,05). Kesimpulan ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbandingan emotional development antara addictive dan non-addictive gadget anak usia 10-12 tahun. Saran diperlukan adanya peningkatan perhatian orang tua setiap fase perkembangan anak terutama perkembangan emosional anak usia 10-12 tahun dan orang tua mampu mengidentifikasi pengaruh positif maupun negatif pemakaian gadget dengan tumbuh kembang emosional anak.


Keywords


Emotional development;Addictive dan non addictive;School age

References


Pengaruh penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal PPKn & Hukum. 13(1): 64-76.

Dewi Mera, P., Neviyarni, & Irdamurni. 2021. Perkembangan Bahasa, Emosi dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 7(1): 1-11.

Istiqomah, Inayah. 2019. Peran Orang Tua Dalam Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak di Kelurahan Gotong Royong Tanjung Karang Bandar Lampung. Thesis. UIN Raden Intan. Bandar Lampung.

Imron., R. 2018. Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik. 13(2): 148-154.

Labudasari, E., & Sriastria. W. 2018. Perkembangan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon, 5-6

Marsari, I., Neviyarni & Irdamurni. 2021. Perkembangan Emosi Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1): 1816-1822.

Maulidya., F., Adelina., M. 2018. Periodesasi Perkembangan Dewasa. Artikel. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Pratiwi., R., D., Handoyo., L., Romlah., S., N., & Rohaeti., T.2022. Psychosocial Development of Children Addicted Versus Not Addicted to Smartphone. Journal KnE Life Sciences. 354-461.

Sari., T., P.,& Mitsalia., A. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian. 13(2): 76-78.

Suherman., R., N. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kecanduan Gadget Pada Anak Prasekolah. Skripsi. STIKes Hang Tuah. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.52118/edumasda.v6i2.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rita Dwi Pratiwi, Cut Intan Nurhaetami, Desy Darmayanti, Gita Ayuningtyas, Fenita Purnama Sari Indah, Nurwulan Adi Ismaya, Gina Aulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada

Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 081384462729


Creative Commons License

Edu Masda Journal
by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda/index.