STUDI KORELASI STATUS BEKERJA IBU DENGAN FREKUENSI DAN DURASI BERMAIN GADGET PADA ANAK BALITA

Nur Chabibah, Sandi Ari S., Wahyu Ersila

Abstract


The era of digitization increases the potential for using gadgets in toddlers. The negative impact is on the development of social communication. One of the most influential factors is the family, especially the interaction between mothers and toddlers. The purpose of this study was to see the relationship between the working status of mothers with the frequency and duration of gadget use in toddlers. The study used a cross sectional study design with purposive sampling in sampling. Inclusion criteria include mothers who have toddlers aged 1 to 5 years, having gadgets at home. Lives at home with her toddler, works full time (8-12 hours a day). Toddlers are physically healthy (not disabled) and do not experience growth and development disorders. Sample size 46. Data collection using a screening check list, questionnaires on the use of gadgets, growth and development examination instruments, hearing examinations and vision examinations. Data were analyzed using Fisher exact test with stata 14.2. The results showed that there was a significant relationship between the working status of mothers and the frequency of using gadgets in toddlers (p-value: 0.01). There is a relationship between the working status of mothers with the duration of gadget use in children under five (p-value; 0.03). Mother's assistance is very necessary for toddlers in using gadgets so that working mothers can carry out strategies and manage time with toddlers.

 

ABSTRAK

Era digitalisasi meningkatkan potensi pemakaian gadget pada balita. Dampak negative adalah pada perkembangan komunikasi sosial. Salah satu faktor yang berpengaruh sangat besar adalah keluarga, terutama interaksi ibu dan balita. Tujuan penelitian ini melihat hubungan antara status bekerja ibu dengan frekuensi dan durasi penggunaan gadget pada balita. Penelitian menggunakan rancangan cross sectional study dengan purposive sampling dalam pengambilan sampel. Kriteria inklusi antara lain ibu yang memiliki balita usia 1 sampai dengan 5 tahun, memiliki gadget dirumah. Tinggal serumah dengan balitanya, bekerja full time (8-12 jam dalam satu hari). Balita sehat secara fisik (tidak cacat) dan tidak menalami kelainan petumbuhan dan perkembangan. Besar sampel 46. Pengumpulan data dengan menggunakan cek list penapisan, kuisioner penggunaan gadget, instrumen pemeriksaan tumbuh kembang, pemeriksaan pendengaran dan pemeriksaan penglihatan. Data dianalisa dengan menggunakan uji Fisher exact dengan stata 14.2. Hasil penelitian memperlihatkan terdapat hubungan yang signifikan antara status bekerja ibu dengan frekuensi pengunaan gadget pada balita (p-value : 0.01). Terdapat hubungan antara status bekerja ibu dengan durasi penggunaan gadget pada anak balita (p-value; 0.03).  Pendampingan ibu sangat diperlukan untuk balita dalam menggunakan gadget sehingga ibu yang bekerja dapat melakukan strategi dan memanajemen waktu bersama balita.


Keywords


Working Mom;Gadgets;Toddler;Frequency;Duration

References


Chabibah, N., Khanifah, M. & Kristiyanti, R. (2020) ‘Pengaruh Pemberian Modifikasi Edukasi Booklet Gizi Balita Dan Cooking Class Terhadap Pengetahuan Dan Pola Pemberian Makan Balita.’, Jurnal Kebidanan Indonesia, 11, pp. 47–54.

Chabibah, Nur., Kristiyanti, R., & Khanifah, M. (2021) ‘Khanifah, M., & Kristiyanti, R. (2021). Analisis Asupan Zat Gizi Batita Berdasarkan Tingkat Pendidikan, Status Bekerja Dan Pengetahuan Ibu.’, Jurnal Riset Gizi, 9(1), pp. 1-5.

Chaidirman, C., Indriastuti, D., & Narmi, N. (2019) ‘Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawai (Gadget) pada Kalangan Remaja Suku Bajo’, Holistic Nursing and Health Science, 2(2), pp. 33-41.

Chikmah, A. M., & Fitrianingsih, D. (2018) ‘Pengaruh durasi penggunaan gadget terhadap masalah mental emosianal anak pra sekolah di tk pembina kota tegal.’, Siklus: Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 7(2), pp. 295–299.

Indanah & and Yullisetyaningrum (2019) ‘Perkembangan sosial-emosional anak usia prasekolah.’, Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 10(1), pp. 221–228.

Marsal A & Hidayati F (2017) ‘Pengaruh Smarphone Terhadap Pola Interaksi Sosial Pada Anak Balita Di Lingkungan Keluarga Pegawai UIN Sultan Syarif Kasim Riau.’, Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), pp. 78–84.

Pebriana, P. H. (2017) ‘Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini.’, Jurnal Obsesi, 1(1), pp. 1–11. Available at: doi: 10.31004/obsesi.v1i1.26.

Puspita, S. (2020) ‘Fenomena Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini.’, in Monograf, p. Cipta Media Nusantara.

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020) ‘Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah.’, Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(1), pp. 75–86.

Sapardi, V. S. (2018) ‘Hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah di PAUD/TK Islam Budi Mulia.’, Menara Ilmu, 12(8), pp. 137–145.

Setianingsih, Ardani, A. W., & K. and F. N. (2018) ‘Dampak penggunaan gadget pada anak usia prasekolah dapat meningkatkan resiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas.’, Gaster, 16(2), pp. 191– 205.

Siagian, M., Mailin, M., & Efendi, E. (2021) ‘Strategi Komunikasi Interpersonal Orang Tua Tunggal pada Anak Remaja Pecandu Gadget di Desa Simirik Kecamatan Batunadua Kota Padang Sidempuan.’, Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 8(1), pp. 39–51.

Tarigan, M. B. (2018) ‘Hubungan gaya hidup remaja terhadap kejadian anemia pada remaja putri kelas X di SMAN 2 Binjai Tahun 2018.’, Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 4(1), pp. 20–28.

Yanizon, A., Rofiqah, T., & Ramdani, R. (2019) ‘Upaya pencegahan pengaruh gadget pada anak melalui kegiatan penyuluhan dan sosialisasi dampak gadget kepada ibu-ibu kelurahan Tanjung Uma.’, Minda Baharu, 3(2), pp. 133-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.52118/edumasda.v6i2.168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Chabibah, Sandi Ari S., Wahyu Ersila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada

Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 081384462729


Creative Commons License

Edu Masda Journal
by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda/index.