Determinant Faktor Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Toddler Di Rw 002 Perumahan Sinar Pamulang, Tangerang Selatan

Rita Dwi Pratiwi

Abstract


Toilet training is an attempt to train children to be able to control bowel movement (BAB) or urinate (BAK). Toilet training can be done in the child's independence phase, which usually begins at the age of 18-36 months. The objective of this research was to recognize whether there is any correlation between the level of knowledge of mothers just given counseling, on her attitude in the implementation of the toilet training and keep participating actively in toilet training on all children aged 18 -36 months in 002 Hamlet, the Sinar Pamulang Housing Regency, South Tangerang. This study used a quantitative method. It used children to commit an analytic design with the cross-sectional approach, the number of the sample was 61 significant proportion of respondents, with a purposive sampling method, and used a questionnaire to prove data collection. The result of this research obtained there was a correlation knowledge of mothers with their attitude about toilet training (p value 0,000), knowledge of mothers for the implementation of the toilet training (p value 0,000), knowledge of mothers for the success of toilet training (p value 0,002), attitudes of the mother with the implementation of the toilet training (p value 0,017), attitudes of the mothers with the success of toilet training (p value 0,004), consistency of participating actively in the implementation of the toilet training (p value 0,000). The fit and proper test of logistic regression showed that the dependent variable for which the most influence to successful toilet training is the implementation of the mother toilet training (p value 0,011) with a value of up (persons of very = 5,73). The results of this study can be a consideration for educational institutions, especially for students in the effort to optimize the growth of children by disseminating information about mother's knowledge, mother's attitudes, implementation, and success of toilet training.


Keywords


The success of toilet training; Toilet training; Toddler

Full Text:

PDF

References


Azhari,Akyas. 2007. Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta : Teraju

Azwar, Saifuddin. 2013. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta :Liberty.

Hidayat,Aziz Alimul.2013. Metode Penelitian Keperawatan dan tehnik analisa data. Jakarta : Salemba Medika

Anggit Ginanjar.2017. Hubungan Toilet training dengan Kejadian Enuresis Pada Anak Usia1-3 Tahun di Desa Jati Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Diunduh Pada Tanggal 3 April 2018

Arifah,Siti. 2010. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet training dengan Perilaku Ibu dalam Melatih Toilet training pada Anak Usia Toddler di Desa Kedokan Sukoharjo. Diunduh 24 Maret 2018

Batuatas. 2012. Pengaruh Peran Ibu Dengan Keberhasilan Toilet training Pada Anak Usia Toddler Di Play Grup Tarbiyyatush Shibiyan Mojoanyar Mojokerto. Diunduh pada tanggal 27 Mei.

Canbulat, N. Yildiz, S. (2009). Current Information On Enuresis. Jurnal Pediatric.

Elsera,Chori. 2016. Tingkat Pengetahuan Berhubungan dengan Sikap Ibu dalam Toilet training pada Toddler. Diunduh pada tanggal 8 April 2018

Fithria Nurul, 2010, Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet training Dengan Pelaksanaan Toilet training Pada Anak Usia Toddler Di Posyandu Hendilen Di Yogyakarta. Diunduh pada tanggal 21 Mei.

Frestina, Yeni. (2012). Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Sikap Ibu Dalam Toilet training Pada Anak Toddler Di Desa Glidogan Kecamatan Klaten Selatan.

Keen,Deb.2007. Toilet training for Children with Autism: The Effects of Developmental and Physical Disabilities.Diunduh Pada Tanggal 30 Maret.

Kiddoo, D. A. Toilet training Children : When To Start And How To Train.

Kusumaningrum,A. dkk (2011). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Orang Tua Dalam Toilet training Toddler. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. Di Unduh tanggal 30 Maret 2018.

Hidayat A.Y. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Praktik Toilet training Pada Ibu Yang Mempunyai Anak Usia Toddler Di Posyandu Flamboyan, Dusun Karangbendo, Banguntapan, Bantul.

Hooman.2013.Toilet training in Iranian children.Iranian Journal of Pediatrics.

Hutomo, Setyo. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Praktik Ibu Dalam Menerapkan Toilet training Pada Usia Toddler Di Kelurahan Jerres Surakarta. Diunduh pada tanggal 21 Mei.

Musfiroh. 2014. Penyuluhan Terhadap Sikap Ibu dalam Memberikan Toilet training Pada Anak. Diunduh pada tanggal 24 maret.

Ningrum. 2016. Keberhasilan Toilet training Pada Anak Usia 2-3 Tahun Di Dusun Telagasi Desa Jabon Kecamatan Mojoantar Kabupaten Mojokerto. Di unduh pada tanggal 24 Mei.

Ningsih 2012. Hubungan Pengetahuan Ibu dan Perilaku Ibu Dala Menerapkan Toilet Trining Dengan Kebiasaan Mengompol Pada Anak Usia Prasekolah Di RW 02 Kelurahan Babakan Kota Tangerang. Diunduh pada tanggal 24 Mei.

Pusparani,Winda (2010). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet training dengan Perilaku Ibu dalam Melatih Toilet training Pada Anak Usia Toddler di Desa Kadokan Sukoharjo. Diunduh tanggal 27 Maret 2018.

Putri,Anggita (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet training Terhadap Pelaksanaan Toilet training Pada Anak Usia Toddler Di Kelurahan Sewu Surakarta. Di unduh pada tanggal 24 Mei

Rahayuningsi Sri Intan,Mula Rizki. 2012. Kesiapan Anak Dan Keberhasilan Toilet training di PAUD dan TK Bungong Seuleupoek Unsyiah Banda Aceh. Diunduh tanggal 27 Maret 2018.

Rohadi, Ihmanudin (2013). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Tentang Pelaksanaan Toilet Triining Pada Anak Usia Toddler Di Paud Desa Semugih Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Diunduh pada tangal 21 Mei.

Rusita, Ardianti (2014). Hubungan Pengetahuan Ibu Dan Peran Tua Dengan Keberhasilan Toilet training Pada Anak Usia 5 Tahun Di TK Desa Suwaloh Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Diunduh pada tanggal 24 Mei

Shofa Diyak. Umami 2011. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Keberhasilan Toilet training Pada Usia Toddler 4-6 Tahun di TK Puspasari I Sidomoyo Godean Slemn D.I Yogyakarta. Diunduh tanggal 24 Maret 2018.

Septiani, Winnie, (2009), Pendekatan Kombinasi Metode AHP dan Netode cut off point pada informasi di PT Indira. Travindo

Soetjiningsih.2012. Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Sagungesto

Sugiyono.2016. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Jakarta

Tirzalola . 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet training Dengan Melatih Toilet training Pada Anak Usia Toddler Di Perumahan Permata Pamulang Kota Tangerang Selatan.

Triningsih,T. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Toilet training Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Tarining Di Paud Tunas Harapan Kutoarjo Purwerejo.

Warner,Penny.2007. Mengajar anak pergi ke toilet. Jakarta: Arcan




DOI: http://dx.doi.org/10.52118/edumasda.v5i1.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada

Pajajaran Street Number 1 Pamulang,
South Tangerang City, Banten Province, Indonesia, 15417
Telephone: 021-74716128 / Handphone : 081384462729


Creative Commons License

Edu Masda Journal
by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://openjournal.masda.ac.id/index.php/edumasda/index.